Thursday, October 6, 2011

Road Safety Campaign di Sector East Military Police Unit


Kecelakaan lalu lintas adalah suatu hal yang umum terjadi di setiap Negara, demikian pula halnya di Lebanon. Dalam beberapa kasus, kecelakaan lalu lintas  tersebut melibatkan personel dari Kontingen-kontingen yang bertugas di UNIFIL. Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di Lebanon adalah faktor lingkungan, dimana kondisi jalan/medan di Lebanon yang sangat beresiko ditambah lagi dengan kebiasaan masyarakat setempat yg kurang berdisiplin dalam berlalu lintas. Selain lingkungan, faktor yang ikut berperan dalam terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia/pengemudi dan kondisi kendaraan.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas di lingkungan prajuritSector East Military Police Unit (SEMPU), pada tanggal 30 September 2011 Lettu Laut (PM) Arga Yudhistira sebagai Military Transportation Officer (MTO) melakukanRoad Safety Campaign internal terhadap para prajurit SEMPU yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai keselamatan berkendaraan di jalan raya terhadap para prajurit SEMPU.

Dalam pengarahannya pada Road Safety Campaign tersebut, MTO memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Sedangkan untuk menghindari terjadinya kecelakaan diperlukan adanya pelaksanaan Safety Driving yaitu mengemudikan kendaraan dengan keahlian dan pengalaman disertai dengan konsentrasi yang terus menerus dari si pengemudi, agar setiap pengemudi dapat melaksanakan Safety Driving secara benar maka diperlukan adanya Maintanance Safety Zone seperti menjaga kondisi pengemudi melalui istirahat yang cukup, perawatan kendaraan, pengaturan jadwal kegiatan, konsentrasi, dan pemantauan situasi lalu lintas secara aktif saat mengemudi serta menjaga jarak aman antar kendaraan. Selain itu disampaikan pula mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Berkepribadian Yang Baik di Jalan Raya dan tips-tips mengemudi saat malam hari ataupun saat menghadapi cuaca buruk.


No comments:

Post a Comment