Wednesday, July 13, 2011

Kawasan Tol Pangandaran sudah terang lagi?

PANGANDARAN – Puluhan lampu PJU di kawasan Tol Pangandaran akhirnya caang. Bidang Energi Dinas Bina Marga Ciamis memperbaiki beberapa titik lampu yang semula padam, kemarin.  
Seperti diberitakan Radar sebelumnya (edisi Senin 11/7), warga Pangandaran dari Ormas Gibas sempat melakukan aksi memasang tulisan bernada protes.  Aksi kemudian dilanjutkan dengan memasang serta menyalakan obor di kawasan pintu masuk kawasan objek wisata tersebut. 
Aksi simpatik  tersebut dilakukan sebagai ungkapan kekecewaan atas tidak berfungsinya lampu PJU di beberapa titik. “Akhirnya lampu PJU caang. Memang seharusnya seperti itu, karena PJU merupakan fasilitas umum yang dibiayai masyarakat,” tutur Ketua Gibas Resort Ciamis Yana Macan kepada Radar, kemarin.
Yana berharap, pihak terkait serius menangani masalah penerangan di Pangandaran. “Mudah-mudahan tidak hanya sehari saja (PJU menyala, red),” pintanya. 
Di tempat terpisah, Penanggung jawab PJU UPTD Bina Marga wilayah Pangandaran Beni Handayani mengatakan,  dirinya telah memperbaiki beberapa titik PJU yang padam di wilayah Pangandaran. Termasuk perbaikan PJU di kawasan tollgate yang dikeluhkan Gibas. 
Menurut Beni, kerusakan PJU di beberapa tempat —di kawasan Pangandaran— diakibatkan faktor cuaca. Dikatakannya, beberapa komponen PJU mudah terkena korosi sehingga cepat rusak.
“PJU di Pangandaran seharusnya diberi perlakukan khusus, karena cuaca pantai berbeda dengan cuaca di daerah lain. Kadar garamnya tinggi, beberapa komponen yang terbuat dari logam cepat sekali berkarat,” tuturnya.
Beni menyebutkan, dirinya hanya bertugas melakukan pengawasan dan memberikan laporan ke Dinas Bina Marga Ciamis jika terjadi kerusakan PJU. “Kami di sini tidak memiliki peralatan, petugas perbaikan ada di Ciamis,” tandasnya. (nay)

No comments:

Post a Comment