Sunday, July 10, 2011

Ancaman Lapisan Es Greenland Antartika

Sebuah fakta lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, bawah permukaan laut Greenland diketahui menghangat sekitar dua kali lipat dari tingkat temperatur perairan secara global. Pakar oseanografi Josh Willis dari NASA di Pasadena, California, menegaskan proyeksi iklim jangka panjang akhirnya mengarah ke peranan lautan.
“Bagaimana lautan memengaruhi lapisan besar es di Greenland dan Antartika bisa diartikan perbedaan antara kenaikan permukaan laut setinggi dua kaki dan enam kaki pada abadmendatang. Jadi hal ini adalah masalah besar,”katanya.

Sampai saat ini, hampir tidak ada orang yang memperhatikan lautan yang mengelilingi Greenland dan Antartika akan menghangat secara berbeda sepanjang abad ini. Hal itu juga diungkapkan peneliti iklim Joanjun Yin dari Universitas Arizona di Tucson, yang memimpin penelitian, dan dipublikasikan di Nature Geoscience.
Meskipun kesimpulan grup tersebut berasal dari analisis komputer, kata Yin, proyeksi penelitian terlihat cukup konsisten dengan pengamatan terbaru dari temperatur suhu permukaan laut di sekitar Greenland.


No comments:

Post a Comment